Itu sebabnya tren podcast sedang naik daun selama pandemi

– Podcast menjadi trending content akhir-akhir ini sejak merebaknya pandemi. Mengapa model konten seperti ini meroket akhir-akhir ini?

Pandemi yang sudah berlangsung hampir 2 tahun ini juga mengubah berbagai gaya hidup, mulai dari bekerja hingga bersosialisasi hingga cara masyarakat mengonsumsi hiburan yang kini serba online dan virtual.

Itu sebabnya tren podcast sedang naik daun selama pandemi

Itu-sebabnya-tren-podcast-sedang-naik-daun-selama-pandemi

Baca juga:
– RRQ Lemon membuat podcast bersama Deddy Corbuzier, Kaiser: Ditikung Paquito
– Lemon bergabung dengan Podcast Deddy Corbuzier, trending #1 di YouTube!
– Bahkan lebih mudah: Cara membuat podcast dengan smartphone
– Apple secara resmi menunda peluncuran podcast berbayar

Tanpa disadari, masyarakat kini menghadapi masalah baru yang disebut dengan “screen fatigue” atau “eye strain”, yaitu kelelahan mata akibat terlalu lama membaca atau menonton layar elektronik seperti handphone, komputer atau TV.

Laporan HBR, dokter spesialis mata dari Amerika Serikat, Dr. Kara Hartl mengatakan bahwa peningkatan aktivitas online berdampak besar pada kesehatan mata.

Mata kering, penglihatan kabur, sulit berkonsentrasi, dan terkadang sakit kepala

adalah beberapa gejala “kelelahan layar”. Selain mengatur jarak dari layar komputer, mengatur kecerahan dan waktu tidur, menggunakan format lain seperti audio yang sedang menjadi tren bisa menjadi alternatif.

Konten hiburan berupa audio kini berkembang pesat dan dinamis seiring kemajuan teknologi. Berbeda dengan konten visual, konten format audio memungkinkan pendengarnya terlibat dalam berbagai aktivitas atau multitasking.

Salah satunya adalah podcast, siaran audio on-demand yang bisa didengarkan kapan saja

, di mana saja. Mulai dari obrolan ringan yang menyenangkan dan menginspirasi hingga diskusi yang dapat mengalihkan perhatian Anda ke isu-isu topikal, podcast membawa format dan topik lebih dekat ke kehidupan sehari-hari masyarakat, terutama kaum milenial.
Didukung oleh GliaStudio

Tren ini ditanggapi platform konten streaming audio lokal NOICE melalui Rado Ardian, CEO NOICE: “Tidak hanya pendengar yang diajak untuk membayangkan bagaimana mereka menikmati konten audio, hiburan dan konten yang disajikan hanya dalam format audio ini, pada akhirnya memancing kreatifitas penceritaan para pembuat konten. dan memilih topik yang menarik untuk dibahas. Dengan tren pertumbuhan industri konten audio yang meningkat secara signifikan, platform yang menghadirkan konten audio berkualitas tinggi tanpa musik masih sangat terbatas di Indonesia dibandingkan potensi saat ini.”

Laporan Digital 2021 oleh We Are Social & Hootsuite mengungkapkan bahwa lebih dari 58% pengguna internet usia produktif Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan.

NOICE juga mencatat bahwa rata-rata pengguna menghabiskan lebih dari 60 menit setiap hari untuk mendengarkan konten audio di aplikasi mereka. Beberapa konten podcast NOICE yang sangat populer dan populer saat ini membahas genre ringan atau komedi seperti Ha Ha Land, Onad Danang Meet Everyone hingga genre religi seperti Beda tapi Bersama.
Podcast yang berbeda tapi bersama. (KEBISINGAN)
Podcast yang berbeda tapi bersama. (KEBISINGAN)

Diprakarsai oleh komikus dan kreator konten seperti Bedu, Dicky Diffie, Rachel Cia, Mimin dan Oki Rengga, Ha Ha Land Podcast yang merupakan konten orisinal dan eksklusif dari NOICE menceritakan kisah parodi fenomena hiburan dan budaya pop masa kini.

Misalnya, bayangkan kontes idola, di mana dua penyanyi bertarung, harus dihentikan sementara karena salah satu kontestan berbau tidak sedap. Dalam podcast Ha Ha Land, 5 karakter unik ini bisa memparodikan apapun yang mereka mau, mulai dari film populer, acara TV terkenal, sinetron dan reality show, dan lainnya.
Podcast Negeri Ha Ha. (Kebisingan)
Podcast Negeri Ha Ha. (Kebisingan)

Di sisi lain, konten yang mengangkat topik unik dan tidak biasa juga semakin populer. Bertajuk Onad Danang Meet Everyone, talk show komedi yang dibawakan oleh musisi dan artis Onadio Leonardo (Onad) serta presenter radio dan TV Dimas Danang Suryonegoro (Danang) di platform NOICE menghadirkan narasumber dengan profesi menarik.

Mulai dari tukang bersih toilet, tukang hujan, badut jalanan, tukang makam hingga berbagai profesi lainnya, Onad dan Danang beserta narasumber akan menyuguhkan kisah hidup yang sangat menginspirasi, terkadang dianggap tabu dan stigma di masyarakat, menghibur dan jarang ditemui di media pada umumnya. .
Podcast Onad Danang Temui semuanya. (KEBISINGAN)
Podcast Onad Danang Temui semuanya. (KEBISINGAN)

Kualitas penceritaan konten Kreator juga berperan dalam popularitas podcast. panggil S

Baca Juga :

https://relawanfilantropi.id
https://polres-gowa.id
https://ipcportequipment.co.id
https://dprdkabprobolinggo.id