Gameloop FF Emulator PC Official dari Tancent Download 2021

nusanews.id – Bermain Free Fire di smartphone memang menyenangkan, namun jika ingin merasakan sensasi bermain di PC Anda juga bisa melakukannya. Untuk bermain FF di PC, Anda memerlukan emulator. Salah satu aplikasi emulator terbaik adalah Gameloop FF.

Selain digunakan untuk bermain Free Fire, Gameloop juga bisa digunakan untuk bermain game mobile lainnya. Kini, Anda bisa bermain dengan layar yang lebih besar. Emulator akan membuat pemain semakin mudah dan nyaman dalam bermain FF.

Apa Itu Gameloop FF?

Apa-Itu-Gameloop-FF

Gameloop merupakan sebuah aplikasi emulator android yang dapat dipakai untuk bermain game Free Fire maupun game lainnya di PC. Sebelum dikenal dengan nama Gameloop, awalnya aplikasi emulator ini bernama Tencent Gaming Buddy dan hanya dipakai untuk bermain PUBG Mobile saja.

Tetapi, setelah berubah nama menjadi Gameloop pengguna bisa bermain game mobile lainnya di PC, salah satunya adalah game Free Fire.

Spesifikasi Perangkat Untuk Gameloop

Spesifikasi-Perangkat-Untuk-Gameloop

Sebenarnya ada banyak pilihan emulator yang bisa digunakan untuk bermain Free Fire di PC. Namun, dari beberapa emulator tersebut Anda bisa mencoba Gameloop emulator dari Tencent yang sudah terkenal.

Emulator Gameloop dirancang untuk bisa memainkan macam-macam game smartphone menggunakan PC. Free Fire, Arena of Valor, PUBG Mobile, dan game yang tergolong berat lainnya dapat dimainkan dengan mudah menggunakan PC karena adanya Gameloop.

Aplikasi emulator ini dinamis dan ramah pengguna yang membuatnya sangat mudah untuk digunakan.

Sebelum memutuskan untuk download aplikasi emulator Gameloop, pengguna perlu memperhatikan spesifikasi minimal maupun spesifikasi rekomendasi PC yang dapat dipakai untuk menjalankan aplikasi Gameloop. Berikut spesifikasi PC untuk Gameloop, yaitu:

1. Sistem Operasi

Walaupun menjanjikan pengalaman seru bermain mobile game di PC, tetapi tidak semua PC dapat menjalankan aplikasi emulator Gameloop. Pengguna belum bisa menggunakan Gameloop di PC yang memiliki sistem operasi Mac, Linux, atau sistem operasi lainnya.

Gameloop saat ini hanya bisa digunakan di Microsoft Windows. Emulator Gameloop dapat dipasang di PC yang menggunakan OS Windows 7 sampai dengan Windows 10 untuk semua versi.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua Windows 7 dapat menjalankan aplikasi emulator Gameloop, sehingga pengguna perlu mencari tahu lagi.

2. Prosesor atau CPU

Prosesor adalah dapur utama yang sangat penting supaya emulator Gameloop bisa berjalan. Apabila prosesor yang ada kurang mumpuni maka performa dari Gameloop juga menjadi kurang stabil. Spesifikasi minimal untuk prosesor adalah Intel Dual Core 1.5 GHz atau AMD.

Sementara itu, prosesor yang direkomendasikan supaya bisa memainkan Gameloop dengan baik dan lancar yaitu Intel Core i3 2.4 GHz atau lebih tinggi dari itu. Semakin bagus prosesor maka Anda bisa memainkan Free Fire di PC dengan lebih lancar.

3. VGA

Jika VGA yang ada di PC tidak terlalu bagus, pengguna masih bisa memainkan Free Fire di PC menggunakan emulator Gameloop. Spesifikasi minimal dan pengaturan grafis yang paling rendah yaitu Intel HD Graphic 4000 sert NVIDIA GeForce GT 8600.

Pengguna juga masih bisa memakai AMD HD 2600, VGA NVIDIA GeForce GT 9600, dan AMD HD 3600 untuk versi paling rendah. Apabila pengguna menginginkan tampilan grafis yang lebih baik maka disarankan menggunakan AMD R7 265 atau VGA NVIDIA GeForce GTX 660.

Semakin bagus VGA yang dimiliki maka pengaturan tampilan grafis yang dapat ditentukan juga semakin tinggi. Hal ini akan berpengaruh pada tampilan permainan yang membuatnya lebih menarik dan seru ketika dimainkan.

4. RAM

Komponen lainnya yang menentukan performa dari game Free Fire yang dimainkan di PC adalah RAM. Spesifikasi RAM paling rendah untuk memakai Gameloop yaitu 4GB. RAM 4GB dinilai sudah cukup untuk mendukung Gameloop FF dan kelancaran bermain game Free Fire.

Bagi pengguna yang ingin meminimalisir lag dan bermain lebih lancar perlu memastikan bahwa menggunakan PC yang memiliki performa lebih bagus. Pemakaian RAM dengan kapasitas 8GB bahkan lebih tinggi akan membuat game Free Fire lebih lancar.

Semakin besar RAM maka kemungkinan PC lemot juga menjadi lebih kecil.

5. DirectX

DirectX merupakan kumpulan API (Applications Programming Interface) yang berfungsi untuk mendukung permainan FF yang sedang berlangsung di komputer atau PC. DirectX minimal yang disarankan adalah DirectX versi 9.0.

Pengguna juga dapat mengunduh DirectX versi terbaru di internet lalu memasangnya di PC. Apabila versi DirectX belum diperbarui, pengguna perlu mendownload versi terbaru dan menginstalnya di PC.

DirectX memiliki peran yang penting dan berhubungan dengan grafis permainan yang ditampilkan emulator Gameloop. Pengguna akan merasa lebih nyaman saat bermain Free Fire di PC.

6. HDD

Selain emulator Gameloop, game dengan tema battle royale atau battleground terkenal memiliki ukuran yang sangat besar. Oleh karena itu, pengguna harus memastikan HDD memiliki banyak ruang tersisa supaya bisa memasang emulator Gameloop.

Walaupun sebenarnya aplikasi Gameloop hanya memerlukan ruang penyimpanan sebesar 1GB saja, namun ini hanya untuk aplikasinya saja. Kebutuhan tersebut belum termasuk dengan game-game yang memiliki ukuran besar.

Lebih baik sediakan minimal 25GB penyimpanan di HDD supaya pengguna bisa bebas mendownload serta memainkan banyak game, termasuk Free Fire.

Cara Download dan Instal Gameloop untuk Bermain FF

Cara-Download-dan-Instal-Gameloop-untuk-Bermain-FF

Setelah yakin bahwa PC yang akan digunakan dapat menjalankan emulator Gameloop dengan lancar, Anda dapat mulai mempelajari cara untuk mendownload dan memakai emulator Gameloop.

Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendownload dan menginstal emulator Gameloop, yaitu:

  •   Download aplikasi Gameloop dari situs resminya yaitu gameloop.com.
  •   Klik tombol Unduh yang ada di halaman awal website. Proses download berlangsung cepat karena aplikasi Gameloop memiliki ukuran aplikasi yang kecil.
  •   Selanjutnya, temukan file aplikasi yang sudah didownload di folder yang ada di PC. Klik kanan file dan pilih Run as Administrator untuk memulai proses pemasangan emulator Gameloop di PC.
  •   Ikuti step instalasi sesuai dengan petunjuk dari Gameloop sampai aplikasi terpasang di PC.
  •   Setelah aplikasi sudah terpasang, jalankan Gameloop.
  •   Cari game Free Fire dan download game.
  •   Tunggu sampai proses download selesai.
  •   Setelah proses selesai, Anda dapat langsung memainkan game Free Fire menggunakan PC.

Anda juga bisa mendownload game lainnya supaya bisa memainkan game di PC. Jalankan aplikasi Gameloop dan cari nama game atau aplikasi menggunakan fitur Search. Setelah itu, Anda hanya perlu mendownload dan jika sudah selesai game bisa langsung dimainkan di PC.

Kelebihan Emulator Gameloop FF

Gameloop banyak dipilih karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan emulator lainnya. Selain dipakai untuk bermain Free Fire, Gameloop juga bisa digunakan untuk aplikasi atau game lainnya.

Tetapi, memang emulator Gameloop lebih difokuskan untuk game sehingga aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk bermain Free Fire di PC. Berikut ini beberapa keunggulan dari emulator Gameloop, yaitu:

1. Kontrol game yang lebih mudah

Kontrol-game-yang-lebih-mudah

Walaupun emulator Gameloop berisi game yang telah dirancang sebagai mobile game, tetapi kontrol game yang ditawarkan tidak terlalu sulit. Pengguna hanya perlu menerapkan pengaturan atau setting tertentu lalu menyesuaikannya dengan gaya main sendiri.

Pengguna juga dapat mengatur kontrol game sesaat sebelum bermain atau bahkan ketika sudah terlanjur masuk ke lobby permainan. Setiap game memiliki kontrol yang berbeda dan sebagai pengguna Anda dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan sendiri.

2.  Menyediakan banyak jenis game

Menyediakan-banyak-jenis-game

Game smartphone yang bisa ditemukan di Gameloop bukan hanya Free Fire saja. Terdapat banyak game dengan berbagai genre yang bisa ditemukan dalam emulator ini, mulai dari genre MOBA, RPG, FPS, casual, dan banyak jenis lainnya yang bisa didownload di emulator Gameloop.

Cara memperoleh semua game yang ada di Gameloop juga sama dengan cara mendownload game dari Play Store. Namun, game yang didownload tersebut hanya bisa dimainkan menggunakan bantuan dari Gameloop saja.

Selain game, Gameloop ini juga bisa digunakan untuk mengakses aplikasi, misalnya Instagram, TikTok, WhatsApp, dan lainnya.

3. Bisa melakukan multi window

Bisa-melakukan-multi-window

Salah satu fitur yang belum banyak ditemukan dalam emulator lainnya adalah fitur multi window. Jika Anda sering memainkan game dengan multi window maka Gameloop menjadi emulator terbaik yang bisa Anda gunakan.

Emulator ini sangat cocok digunakan jika Anda suka bermain game sambil streaming. Selain itu, cara menggunakan fitur ini juga tidak terlalu sulit atau berbeda dari cara biasanya. Anda hanya perlu melakukan drag and drop di layar yang diinginkan.

4. Grafis yang sangat memukau

Grafis-yang-sangat-memukau

Keunggulan lainnya dari emulator Gameloop adalah tampilan grafis yang terlihat lebih bagus. Sebagai pengguna Anda dapat mengatur tampilan dan grafis sesuai dengan keinginan pemain dan kebutuhan PC.

Selalu pastikan untuk mengatur tampilan grafis sesuai spesifikasi PC yang dipakai. Jangan sampai mengatur tampilan grafis terlalu tinggi agar performa PC tidak terbebani dan Gameloop tidak mengalami lag.

Emulator untuk Free Fire

Emulator merupakan suatu aplikasi yang dapat digunakan untuk bermain game di PC. Salah satunya adalah untuk bermain game Free Fire. Hingga saat ini belum ada emulator Free Fire khusus yang dibuat oleh pihak Garena.

Namun, ada banyak aplikasi emulator yang dapat digunakan untuk bermain game Free Fire di PC. Emulator memungkinkan penggunanya untuk merasakan pengalaman bermain mobile game di PC. Selain Gameloop FF, ada beberapa emulator yang bisa digunakan untuk bermain Free Fire.

Beberapa emulator yang bisa dipakai untuk bermain game Free Fire di PC, yaitu:

1. Nox App Player

Nox-App-Player

Jika Anda mencari emulator ringan yang bisa digunakan untuk bermain Free Fire menggunakan PC yang low maka Nox App Player adalah emulator yang cocok untuk game ringan bahkan berat.

Ketika menggunakan emulator yang ringan ini, Anda bisa menjalankan aplikasi dengan lancar serta menikmati pengalaman Android di PC secara keseluruhan. Selain itu, software ini bisa didapatkan secara gratis dan tidak terdapat iklan di dalamnya.

Salah satu fitur paling menarik dari Nox App Player adalah fitur pemetaan. Emulator ini memungkinkan pengguna memetakan tombol mouse, keyboard, dan gamepad. Anda juga bisa menetapkan tombol di keyboard untuk mengakses fitur yang umum di android.

Untuk memperoleh hasil terbaik, Anda bisa menentukan pengguna CPU maupun RAM di opsi konfigurasi. Tidak hanya itu, emulator ini mempunyai fitur root yang gampang diakses.

2. MeMu

MeMu

Jika dibandingkan dengan emulator populer lainnya, MeMu adalah emulator baru yang diluncurkan pada tahun 2015 dan berfokus pada game.

Untuk kecepatan game Free Fire, Clash of Clans, Clash Royale, dan aplikasi umum lainnya emulator MeMu memiliki nilai kecepatan yang relatif sama dengan emulator BlueStacks atau Nox. Fitur paling penting dari emulator MeMu yaitu dukungan untuk chip NVIDIA dan AMD.

Emulator MeMu juga telah mendukung berbagai versi Android, mulai dari Android Jelly Bean, KitKat, serta Lollipop. Kelebihan lainnya adalah pemetaan mouse, keyboard, dan gamepad yang bisa dilakukan dengan mudah.

Walaupun MeMu dirancang untuk game yang memiliki kinerja tinggi, tetapi kinerja grafisnya dinilai cukup buruk. Pengguna dapat merasakan tingkat kehalusan berkurang dan tekstur kecil hilang ketika bermain daripada emulator lainnya.

Bagi Anda yang memiliki RAM 2GB, Anda bisa bermain game Free Fire menggunakan emulator MeMu.

3. BlueStacks

BlueStacks

Emulator BlueStacks sudah banyak digunakan oleh para player Free Fire. Selain digunakan oleh player Free Fire, emulator ini juga populer secara umum dan banyak digunakan untuk bermain PUBG Mobile.

Alasan mengapa banyak orang menyukai aplikasi ini adalah karena terdapat banyak fitur yang mudah untuk dikonfigurasi. Secara khusus BlueStacks memerlukan konfigurasi supaya bisa dijalankan di PC yang lemah.

Selain Play Store, Anda juga mempunyai opsi mengunduh aplikasi BlueStacks yang telah dioptimalkan dari toko aplikasinya sendiri. Namun, kelemahan dari emulator ini adalah adanya iklan yang untuk sebagian orang cukup mengganggu.

Tetapi, Anda bisa menggunakan BlueStacks versi premium yang bisa didapatkan dengan cara membelinya supaya bisa menghapus iklan yang mengganggu.

Beberapa keuntungan dari emulator BlueStacks, yaitu mudah diatur, pemetaan untuk game FPS dan MOBA otomatis, dukungan untuk banyak akun, dan berdasarkan versi baru dari android.

4. LD Player

LD-Player

Emulator LD Player juga menjadi salah satu emulator yang bisa digunakan untuk bermain game Free Fire. LD player terkenal sebagai emulator yang bisa beroperasi pada PC dengan spesifikasi yang rendah.

Tampilan emulator yang menarik juga akan membuat pengguna betah memakai emulator ini untuk bermain game Free Fire. Terdapat banyak settingan atau opsi yang bisa Anda pilih di dalam emulator LD Player.

Kebanyakan pengguna umumnya memilih opsi smooth supaya bisa bermain Free Fire tanpa lag. Keunggulan dari emulator LD Player adalah stabilitas, kecepatan, serta fitur multitasking. Fitur multitasking ini bisa digunakan untuk bermain game yang berbeda dalam jendela yang sama.

Emulator ini bisa dijalankan dengan lancar menggunakan PC yang memiliki RAM 4GB ke bawah. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir apabila merasa PC yang dimiliki tidak memiliki spesifikasi yang terbilang rendah.

5. Ko Player

Ko-Player

Ko Player lebih berfokus untuk memberikan pengguna pengalaman bermain game dengan mulus menggunakan software yang ringan. Software ini bisa didapatkan secara gratis, namun Anda akan melihat iklan di dalamnya.

Jika Anda tidak merasa terganggu tentu saja hal ini tidak menjadi suatu masalah. Emulator Ko Player juga sangat mudah dipasang dan mempunyai fitur yang bisa diakses dengan mudah. Anda juga dapat memetakan di keyboard serta gamepad.

Kelemahan emulator Ko Player yang perlu diketahui adalah emulator ini bisa tiba-tiba membeku. Tidak hanya itu saja, emulator ini sedikit buggy dan beberapa pengguna merasa sulit untuk melakukan uninstall emulator ini.

Bagi para pemain Free Fire yang ingin mencoba sensasi bermain game di PC, Gameloop FF menjadi salah satu solusi yang bisa dicoba. Tidak hanya itu saja, emulator Gameloop juga memiliki kelebihan yang belum tentu ditemukan di emulator lainnya.