21 Kumpulan Filter IG Aesthetic Android, Selfie, Gelap, dll

Salah satu fitur Instagram yang sangat menarik dan banyak digunakan adalah Insta Story. Supaya pengguna Instagram menggunakan fitur ini, pengguna juga bisa menggunakan filter yang tersedia. Untuk membuat tampilan Insta Story yang lebih keren, Anda bisa menggunakan filter IG aesthetic.

Filter aesthetic ini yang ada juga sangat beragam, mulai dari filter selfie dengan stiker yang unik sampai filter untuk menghadirkan suasana yang bisa membuat story terlihat lebih estetik seperti film.

Berbagai filter yang bisa ditemukan di Instagram bisa membuat siapa saja mengekspresikan diri secara bebas sesuai dengan keinginannya. Salah satu filter yang saat ini banyak diminati adalah filter aesthetic. Berikut ini beberapa filter IG aesthetic untuk selfie, foto, atau video yang bisa digunakan:

1. Golden Hour

Golden-Hour

Mengambil foto di sore hari bisa menghasilkan foto dengan cahaya yang alami. Pasalnya, foto dengan golden hour seringkali akan menghasilkan foto dengan cahaya paling bagus. Namun, kenyataannya cukup sulit mendapatkan foto golden hour langsung. 

Saat ini, Anda juga bisa mendapatkan foto dengan cahaya senja menggunakan filter Golden Hour dari @mijakaaa. Cukup menggunakan filter Golden Hour saja, Anda bisa mendapatkan foto dengan efek sun blinds yang terlihat estetik.

2. Lalasa

Lalasa

Jika Anda lebih menyukai foto dengan nuansa hangat, filter Lalasa dari @dorippu bisa menjadi salah satu pilihan filter terbaik. Tidak hanya memberikan efek hangat, namun foto yang dihasilkan juga memiliki efek glowing. 

Tentu saja, jika filter ini digunakan untuk selfie akan menambah efek mulus di wajah. Bagi Anda yang ingin terlihat glow up, filter ini bisa digunakan untuk selfie.

3. Milk One

Milk-One

Filter Milk One dari @ya.molli memungkinkan pengguna untuk mendapatkan foto dengan kesan seperti musim panas yang cerah. Selain filter Milk One, filter serupa yang bisa digunakan adalah filter Milk Two. 

Banyak pengguna Instagram yang menggunakan filter ini untuk menghasilkan foto dengan kesan yang segar seperti di musim panas. Filter Milk One cocok digunakan ketika Anda ingin mengambil story di tempat dengan pencahayaan yang kurang bagus.

4. Seminyak

Seminyak

Saat mengambil foto pemandangan atau selfie, pastinya Anda ingin mendapatkan hasil yang bagus. Rekomendasi filter yang bisa Anda coba yaitu filter Seminyak yang dikeluarkan oleh @eatandtreats. 

Ketika menggunakan filter Seminyak untuk selfie, foto yang dihasilkan akan menampilkan kesan mulus. Bahkan, ketika filter digunakan untuk mengambil foto pemandangan juga akan terlihat lebih keren.

5. Infra

Infra

Untuk mendapatkan hasil foto yang unik dengan kesan seperti berada di luar negeri, tepatnya ketika musim gugur Anda bisa menggunakan filter Infra. 

Filter ini memungkinakan penggunanya untuk mendapatkan hasil foto yang hangat dan membuat warna objek berubah layaknya warna musim gugur. Efek ini sangat bagus untuk mengambil gambar panorama alam atau pepohonan. Sehingga, hasilnya akan terlihat lebih indah dan estetik.

6. Daisies

Daisies

Filter cantik dan aesthetic lainnya yang bisa Anda gunakan adalah filter Daisies. Pemakaian filter ini akan membuat hasil foto selfie yang cantik dengan tambahan bunga di atas kepala seperti bando. 

Uniknya lagi, wajah Anda akan dihiasi dengan freckless alami dan wajah terlihat lebih glowing.

7. Vintage Mirror

Vintage-Mirror

Ingin mendapatkan foto yang unik dan aesthetic? Anda bisa memanfaatkan filter Vintage Mirror dari @kaaaaaaaaaaat. Sebenarnya, filter ini belum terlalu booming seperti filter lainnya. Tapi, hasil foto yang didapatkan akan terlihat unik dan elegan ditambah dengan desain vintage mirror.

8. Moodboard 1

Moodboard-1

Beberapa orang ada yang menyukai foto menggunakan frame. Jika Anda adalah satunya maka Anda perlu mencoba filter dengan nama Moodboard 1. Filter ini akan membuat foto terlihat lebih menarik dan estetik dengan tambahan frame cantik nan lucu.

9. Good Vibes

Good-Vibes

Tidak selalu terkesan gelap, filter IG aesthetic juga ada yang cerah dan menyenangkan. Seperti namanya, filter yang satu ini akan memberikan good vibes untuk story yang Anda buat. 

Filter Good Vibes bisa membuat warna wajah terlihat lebih cerah, memperbaiki warna, serta membuat foto terlihat lebih estetik. Tidak terdapat tambahan animasi maupun item lucu lainnya. 

Filter ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang menginginkan hasil story simpel tanpa adanya animasi tambahan.

10. Love

Love

Filter yang cukup populer ini akan bekerja dengan cara mendeteksi mata pengguna. Filter ini akan menambahkan hiasan cantik yang sangat akurat sampai tidak terlihat sebagai filter. Filter ini akan menambahkan hiasan love di bagian bawah mata. 

Selain itu, mata akan terlihat seperti menggunakan eyeliner serta bulu mata yang lebih cantik.

11. Eyelashes

Eyelashes

Hampir sama dengan filter Love, tetapi filter ini lebih berfokus pada bulu mata. Apabila Anda ingin mengambil selfie, namun belum sempat menggunakan maskara filter ini patut untuk dicoba. 

Teknologi AR yang dipakai dalam filter Eyelashes ini akan membuat bulu mata terlihat lebih lentik dengan hasil yang bisa dibilang cukup natural.

12. Preset Tropis

Preset-Tropis

Sebenarnya, Preset Tropis merupakan salah satu preset yang diaplikasikan dalam filter Instagram. Pada aplikasi editor foto, pengguna bisa melihat bahwa preset ini akan membuat hasil foto yang lebih terang. 

Hal ini juga berlaku dalam filter. Pengguna yang menginginkan hasil story lebih terang bisa menggunakan filter Preset Tropis ini. Dari segi pencahayaan, hasil foto yang dihasilkan akan memberikan kesan suasana tropis.

13. Rustic

Rustic-1

Saat ini warna warm juga sangat populer selain warna pastel maupun soft. Salah satu filter Instagram yang bisa digunakan untuk menambah efek warm pada story adalah filter Rustic. Filter Rustic merupakan filter yang dibuat oleh akun @sarahazkapreset. 

Untuk mengaplikasinya, Anda hanya perlu mengunjungi akun lalu menyimpannya. Efek warm yang dihasilkan oleh filter ini hampir sama dengan ciri khas foto yang dihasilkan oleh selebgram Indonesia. Foto dan video akan terlihat lebih hangat dan terang menggunakan filter Rustic ini.

14. Tropis

Tropis

Walaupun iklim Indonesia adalah tropis, namun sering kali Anda tidak memperoleh tone warna yang sesuai ketika mengambil gambar. Untuk mendapatkan kesan ala undertone, Anda bisa menggunakan filter Tropical 0.2 yang dibuat oleh @nofaradmon. 

Selain membuat kulit menjadi lebih eksotis saat selfie, filter ini juga cocok digunakan untuk mengambil story pemandangan. Hasil yang diperoleh foto atau video bisa terlihat lebih eksotis khas suasana tropis.

15. Ubud

Ubud

Biru menjadi salah satu warna yang memberikan kesan estetik. Filter Ubud menjadi salah satu filter yang bisa digunakan untuk menambahkan kesan sedikit dark dengan tone warna biru. Filter yang dibuat oleh @eatandtreats ini sangat cocok dipakai untuk mengambil gambar outdoor. 

Kesan estetik yang dihasilkan akan membuat foto terlihat sedikit kelam.

16. Good Skin

Good-Skin

Filter banyak digunakan agar bisa menghasilkan kulit yang terlihat mulus. Salah satu filter yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan hasil tersebut adalah filter Good Skin. Filter ini memungkinkan Anda bisa memilih skin yang sesuai. 

Filter dari @dingmintt ini tersedia dalam 6 filter. Filter ini akan membuat tampilan berubah, misalnya kondisi pipi yang lebih merona, wajah glowing di beberapa bagian, sampai background terlihat lebih terang atau gelap. Semuanya dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan.

17. Bayang Semu

Bayang-Semu

Filter Bayang Semu bukanlah filter dengan animasi AR maupun bisa menambah efek tone warna. Bayang Semu yang dibuat oleh @dwihandaanda ini akan memberikan efek mirror yang menarik dan unik. 

Selain itu, di bagian bawah juga pengguna akan melihat garis-garis pelangi yang terlihat estetik.

18. Home

Home

Filter Home merupakan filter dengan konsep warm yang dibuat oleh @anazsiantar. Berbeda dengan filter Rustic yang memberikan efek bright warm, filter Home akan menghasilkan gambar ke arah soft warn. 

Sehingga, foto maupun video yang dihasilkan memiliki tone kuning yang lembut. Kelebihan dari efek Home jika digunakan untuk mengambil foto diri adalah kulit bisa terlihat lebih mulus. Hal ini dikarenakan tone soft warm yang menyerupai warna kulit kuning langsat orang Indonesia.

19. Film

Film

Bagi penggemar filter dengan mood gelap, pasti akan menyukai filter Film yang dibuat oleh akun @itsnotjessica. Ketika melihat suasana perkotaan di malam hari dengan lampu yang gemerlap dan gedung tinggi, pasti Anda tidak tahan untuk mengabadikannya. 

Supaya hasil foto maupun video bisa terasa lebih nyata, Anda bisa menggunakan filter Film. Filter ini sangat pas digunakan di malam hari. Hal ini dikarenakan tampilan lampu warna kuning akan menjadi kontras dengan bagunan yang ada di sekitar.

20. Coconut Milk

Coconut-Milk

Filter Coconut Milk bekerja dengan cara meningkatkan cahaya dan menurunkan saturasi untuk setiap warna. Sehingga, hasil foto yang dihasilkan menjadi lebih estetik. Kesan yang dirasakan dari filter Coconut Milk adalah foto terasa lebih ceria. 

Untuk hasil yang maksimal, filter Coconut Milk lebih direkomendasikan untuk digunakan pada benda yang berwarna soft serta hangat. 

Beberapa contoh penggunaan filter Coconut Milk adalah foto miniatur, mainan, urban fotografi, serta benda yang sudah diatur sehingga menghasilkan komposisi yang pas.

21. Vintage Karma

Vintage-Karma

Vintage menjadi salah satu efek yang tidak lekang oleh waktu. Biasanya, efek ini lebih disukai oleh orang-orang yang menyukai fotografi. Efek vintage membuat hasil foto maupun video terlihat tua yang akan terlihat lebih estetik dan bernilai. 

Terlebih jika dipadukan dengan benda yang bisa menambah suasana vintage lebih terasa. Salah satu filter Instagram dengan efek vintage yang bisa digunakan adalah Vintage Karma. Bahkan, bisa dibilang filter ini menjadi salah satu filter Vintage yang terbaik untuk saat ini. 

Efek warna kuning kecoklatan yang dihasilkan tidak berlebihan dan cukup warm. Selain itu, kesan estetik juga akan sangat terasa kental. Filter Vintage Karma ini direkomendasikan untuk foto maupun video yang mendukung. 

Misalnya, foto ruangan yang berisi barang-barang lawas atau foto dengan gaya jaman dahulu. Hal ini akan membuat filter bekerja lebih maksimal dan hasil yang didapatkan juga lebih bagus.

Cara Memakai Filter IG Aesthetic

Cara-Memakai-Filter-IG-Aesthetic

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa filter Instagram yang cantik dan aesthetic, selanjutnya Anda bisa langsung mencoba. Untuk bisa melakukannya, Anda perlu tahu bagaimana cara menggunakan filter tersebut untuk menghasilkan story maupun postingan Instagram yang menarik. 

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan filter Instagram aesthetic atau filter lainnya:

  • Pertama, buka aplikasi Instagram yang sudah ada di perangkat Anda.
  • Login menggunakan akun Instagram yang dimiliki.
  • Setelah berhasil masuk ke akun Instagram, masuk ke halaman Story. Cara pertama, klik gambar profil yang ada di bagian pojok kiri atas. Cara kedua, geser layar ke kanan.
  • Pada bagian ujung kanan, terdapat Browse Effect yang digambarkan dengan ikon kaca pembesar untuk mencari efek yang diinginkan.
  • Ketik kata kunci sesuai dengan filter yang diinginkan di bagian pojok kanan atas.
  • Setelah berhasil menemukan filter yang diinginkan, pilih tombol Try it. Langkah ini memungkinkan pengguna untuk melihat atau mencoba filter yang dipilih.
  • Jika merasa cocok dengan filter, Anda bisa langsung mendownload atau menyimpan dengan cara klik ikon panah ke bawah.
  • Selanjutnya, filter sudah berhasil tersimpan di akun.
  • Untuk mengaplikasikan filter, kembali ke halaman Story.
  • Cari filter yang sudah didownload dan simpan dengan cara geser kanan atau kiri pilihan yang ada di bagian bawah.
  • Klik ikon filter dan Anda bisa langsung menggunakan filter untuk mengambil foto yang menarik.

Cara Membuat Filter Instagram

Cara-Membuat-Filter-Instagram

Tidak hanya bisa menggunakan filter yang sudah ada di Instagram saja. Kini, Anda juga bisa membuat filter jika menginginkannya. Pasalnya, Instagram membebaskan para pengguna untuk berkreasi membuat filter dan menyebarkannya. 

Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa filter yang disebar tidak boleh melanggar ketentuan yang ada. Untuk membuat filter Instagram, Anda akan memerlukan aplikasi tambahan. Berikut merupakan cara membuat filter Instagram yang bisa Anda coba lakukan:

  • Siapkan laptop atau PC. Langkah pembuatan filter ini akan menggunakan software PC untuk keperluan membuat filter Instagram.
  • Download Software yang diperlukan untuk membuat filter, misalnya Spark AR Studio. Software ini merupakan software yang bisa dipakai untuk membuat model AR, salah satunya filter Instagram. 

Aplikasi atau software Spark AR ini bisa diperoleh secara gratis untuk perangkat Windows dan Mac.

  • Install Spark AR Studio. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah untuk instalasi yang telah disediakan developer.
  • Setelah berhasil diinstal, buka Spark AR Studio dan pilih Create Project.
  • Pilih Insert dan Anda akan melihat proyek baru dengan nama file facetracker0 pada bagian Scene.
  • Selanjutnya, klik kanan proyek dan pilih Add.
  • Untuk mendeteksi model wajah 3D, pilih face mesh.
  • Setelah itu, tambahkan gambar dengan format PNG. Caranya, pindah ke bagian Inspector dan pilih ikon tambah (+) yang ada di sebelah material. Secara otomatis, Anda akan melihat aset dengan nama material0 di bawah bagian Scene.
  • Klik dropdown untuk mengubah Shader Type menjadi Face Paint.
  • Pilih choose file, lalu cari gambar yang ingin dipakai.
  • Sampai di langkah ini, Anda akan melihat gambar yang digunakan ikut bergerak mengikuti wajah model yang digunakan dalam aplikasi.
  • Untuk menyelesaikan filter, Anda tinggal menyimpannya dengan cara ekspor ke Instagram menggunakan menu Send to App.

Jika Anda berhasil mengikuti langkah-langkah tersebut, artinya Anda bisa membuat filter Instagram sederhana menggunakan gambar PNG. Untuk menghasilkan filter IG aesthetic dan unik lainnya, Anda bisa berkreasi lagi menggunakan berbagai tool yang bisa dipakai di software Spark AR Studio. 

Apabila ada software atau aplikasi lainnya, tentu Anda juga bisa coba menggunakannya. Tidak hanya filter tambahan gambar atau pemberian cahaya, Anda juga bisa membuat filter berupa game sederhana. Tentu saja, Anda memerlukan keahlian yang lebih untuk bisa membuatnya.

Penggunaan filter IG aesthetic akan membuat hasil story menjadi lebih bagus. Untuk bisa mendapatkan foto dengan filter sesuai, Anda juga bisa mengeksplorasi lebih jauh karena ada banyak filter Instagram bagus yang bisa Anda temukan dan gunakan untuk menghasilkan foto yang keren.

 

Lihat Juga :